Jumat, 17 Maret 2017

Line Follower


Lomba Line Follower IT DEVELOPMENT II 2k17

Apa itu IT DEVELOPMENT II ?
IT DEVELOPMENT II merupakan event lanjutan dari IT DEVELOPMENT I dan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer dan Teknik Komputer IBI Darmajaya. IT DEVELOPMENT II hadir untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada para pelajar SD, SMP, SMA/Sederajat untuk meng-aktualisasikan diri dalam meraih prestasi.

IT DEVELOPMENT II yang bertemakan "Grow The Future With Technology", merupakan ajang kompetisi antar Pelajar se-Lampung  yang terdiri dari beberapa kegiatan dan lomba yaitu : Workshop Go Open Source, Multi and Arial Coupter, Line Follower,dan Teknologi Tepat Guna.
LOMBA LINE FOLLOWER
IT DEVELOPMENT II 2K17

PESERTA LINE FOLLOWER
1. Peserta ditujukan untuk Siswa/i SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat.
2. Peserta Kontes Robot Line Follower adalah tim.
3. Setiap tim maksimal 3 orang dan 1 guru pembimbing dari setiap sekolah.
4. Target peserta maksimal 20 tim.
5. Jumlah peserta (tim)  dari setiap sekolah tidak di batasi .
6. peserta tidak di perbolehkan mengikuti perlombaan lebih dari 1.
7. Kontribusi peserta sebesar Rp. 150.000/tim.

ACARA
1. Technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2017
di IBI DARMAJAYA Jam 13.00 - Selesai.
2. Kontes Robot Line Follower akan di laksanakan di AULA PASCASARJANA pada tanggal 15 & 16 2017 Jam 08.00 dengan Persiapan pertandingan meliputi: 
         • Pengecekan dimensi robot.
         • Pengecekan power supply robot.
         • Pengecekan keamanan dan keselamatan robot. 
3. Kontes Robot Line Follower akan dilaksanakan selama 2 Hari.

FASILITAS 
1. Trophy dan cash money untuk Juara 1, 2, dan 3.
2. Souvenir
3. ID Card.
4. Piagam penghargaan untuk seluruh peserta.
SPESIFIKASI ROBOT
1. Dimensi robot maksimum :
    Panjang : 25 cm
    Lebar : 25 cm
    Tinggi : 20 cm dari tanah
2. Berat robot maksimum yang diizinkan 3 kg (termasuk baterai).
3. Robot berjalan secara autonomous tanpa bantuan operator, transmiter-receiver, dan
    device-device interface human to robot lainnya (remote control).
4. Fungsi utama robot adalah mengikuti jejak garis serta melewati rintangan pada track
    yang dipergunakan dalam perlombaan.
5. Robot (body dan/atau programnya) harus benar-benar merupakan hasil kreasi sendiri.
            Tidak diperkenankan menggunakan salah satu atau lebih komponen dari satu atau
            beberapa   kit robot rakitan dan/atau kit permainan yang ada di pasaran, misal seperti
            LEGO maupun produk lain yang serupa. (Untuk mainan TAMIYA atau sejenisnya,
            diperbolehkan hanya bagian ban, motor DC, dan  gearbox. Selebihnya tidak           diperbolehkan). 
6. Robot harus bebas dari unsur eksplosif-oksidatif seperti, bensin, butane, kerosene,
    hydrogen, dsb.
7. Sumber energi yang diperkenankan adalah yang tergolong klasifikasi sebagai baterai
    kering (dipersiapkan sendiri oleh peserta). Dengan tegangan maximum yang diijinkan
    yaitu 12  Volt dan  tidak diperkenankan menggunakan accu.
8. Robot yang akan diperlombakan tidak diperkenankan dapat mengubah/merusak kondisi
    awal track termasuk membahayakan robot lawan, penonton dan/atau panitia.
9. Robot mampu berorientasi dengan kondisi pencahayaan ruangan yang telah ditentukan
    oleh dewan juri, termasuk lampu kilat camera fotografer (kecuali menurut dewan juri  
    dianggap mengganggu).


SISTEM PERTANDINGAN BABAK PENYISIHAN dan SEMIFINAL 
1. Semua tim akan di bagi kedalam beberapa grup pada babak penyisihan.
2. Batas waktu maksimal 5 menit untuk menyelesaikan seluruh track yang di tentukan pada   saat babak penyisihan.
3. Semua tim akan di bagi dalam 4 grup.
4. Pembagian tim ke dalam setiap grup akan di tentukan secara acak oleh panitia.
5. Tim yang berasal dari sekolah yang sama tidak bisa bertemu pada grup penyisihan yang     sama.
6. 1 tim yang memiliki waktu tercepat pada setiap grup akan maju ke babak semifinal.
7. 2 tim yang masuk di babak grandfinal akan bertanding dengan eliminasi waktu dan di       ambil    yang tercepat
8. Apabila tidak menghadiri Technical Meeting, maka di anggap mengikuti hasil Technical Meeting yang dilaksanakan oleh panitia.
9. Pengundian dilakukan pada saat Technical Meeting.
10. Apabila dari kedua tim yang bertanding belum didapatkan pemenangnya sesuai dengan    waktu yang telah ditentukan, maka akan ditentukan melalui check point terjauh.

SISTEM PERTANDINGAN BABAK FINAL
1.   Peserta akan menggunakan track yang berbeda dari track
           penyisihan dan semifinal
2. Batas waktu maksimal 5 menit untuk menyelesaikan seluruh track yang di tentukan, jika belum didapatkan pemenangnya selama waktu yang diberikan, maka akan ditentukan melalui check point terjauh. 
3. Sistem Pertandingan Babak Penyisihan, semifinal, dan final dapat dilihat pada gambar
    dibawah ini:



 PERATURAN PERTANDINGAN
1. Penentuan posisi start ditentukan sebelum pertandingan dimulai oleh juri.
2. Robot hanya dapat memulai start di posisi yang telah ditentukan oleh panitia.
3.  Robot harus mengikuti jalur/garis yang ada pada track, tidak diperkenankan untuk memotong jalur. Jika robot keluar dari garis maka harus melakukan retry dari garis check point. 
4. Semua retry dilakukan pada posisi checkpoint sebelumnya.
5. Robot harus mengikuti jalur/track dan tidak diperbolehkan untuk memotong jalur/track, kecuali pada persimpangan jalur lintasan.
6. Robot harus start di belakang garis chekpoint ketika operator meminta retry. Apabila  wasit melihat robot tidak berada di belakang garis checkpoint (saat retry), maka wasit berhak untuk meminta operator tersebut untuk melakukan retry ulang di checkpoint tersebut.
7. Hitungan retry dari posisi checkpoint tidak dibatasi.
8. Jika salah satu robot (A) sengaja menghalangi robot lawan (B) hingga terjadi tabrakan  antara kedua robot. Robot A (yang sengaja menghalangi) di haruskan melakukan retry ulang. 
9. Robot dinyatakan menang apabila telah menyentuh titik finish.

ATURAN UMUM PERLOMBAAN
1. Kerusakan robot sebelum dan selama kompetisi bukan menjadi tanggung jawab panitia.
2. Peserta membawa perlengkapan/tools (tang, obeng, alat pemrogram, sparepart, 
     dsb) sendiri, dan dilarang meminjam perlengkapan/tools ke peserta lain.
3. Satu tim terdiri dari 2 orang, setiap tim harus memiliki robot sendiri
     (masing-masing tim satu robot) dan tidak di perbolehkan meminjam robot dari tim lain meskipun satu sekolah.
4. Setting robot hanya dilakukan di dalam area pertandingan dengan waktu yang telah di sediakan oleh panitia (30 Menit).
5. Selama acara, robot di letakan pada area pertandingan. Tidak di perkenankan membawa robot keluar area yang telah di tentukan dengan alasan apapun (kecuali telah gugur dalam pertandingan). 
6. Guru pendamping tidak di perkenankan masuk ke area pertandingan dan penggantian anggota tim harus dikonfirmasikan kepada panitia. Anggota pengganti yang tidak diberitahukan kepada panitia tidak berhak maju sebagai operator robot ketika pertandingan berlangsung. 
7. Bila terdapat nama robot yang sama diantara kelompok peserta, diutamakan yang telah menyelesaikan administrasinya terlebih dahulu yang akan menggunakan nama tersebut.
8. Tiap tim hanya ada 1 perwakilan yang berada pada arena, sisanya berada pada free area.
9. Retry dilakukan jika seluruh badan robot keluar dari lintasan garis atau salah jalur (robot bermanuver berbalik arah atau bermanuver di jalur yang salah atau jalur yang tidak diperbolehkan) dan/atau robot macet total dan/atau kembali ke cek point terakhir yang telah dilewati. 
10. Peserta tidak diperkenankan mengganti power supply dan suku cadang pada saat sedang                bertanding. 
11. Apabila robot ditabrak oleh robot lain dan masih berada dalam track maka tidak
      diperbolehkan untuk memindahkan posisi robot. 
12. Setelah Bertanding. Peserta dapat menjaga robotnya dan membawanya kembali.
13. Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

TATA TERTIB PESERTA
1. Setiap peserta harus menaati ketentuan dan peraturan yang berlaku baik yang tertulis
     maupun tidak tertulis. 
2. Peserta harus melakukan daftar ulang sebelum pertandingan.
3. Peserta harus mengenakan tanda peserta selama acara.
4. Peserta tidak diperkenankan memindah tangankan tanda peserta tersebut kepada orang
     lain.
5. Peserta harus bertanggung jawab atas keamanan barang/perlengkapan masing-masing.
6. Peserta diwajibkan untuk tidak melakukan tindakan diluar asas sportifitas atau
     kecurangan terhadap peserta lain selama acara berlangsung.
7. Apabila peserta yang bertanding belum/tidak datang, maka dinyatakan didiskualifikasi
     saat pertandingan tersebut.
8. Peserta boleh tidak mengikuti satu/lebih pertandingan.
9. Peserta harus menjaga kebersihan lingkungan.
10. Diruangan indoor peserta tidak boleh merokok. 

MEKANISME PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai tanggal 20 Maret 2017 s/d 10 Mei 2017 IBI Darmajaya.  
a. Via Offline
1. Meminta formulir pendaftaran ke panitia.
2. Mengisi formulir dan membawa persyaratan yang telah ditentukan oleh pantia.
3. Menyerahkan formulir dan persyaratan ke panitia.
4. Membayar uang pendaftaran.
5. Menerima kwitansi dari panitia sebagai tanda bukti bahwa telah mendaftar.
b. Via Online
1.  Membuka website : itdevelop2017.blogspot.co.id untuk mendownload formulir   pendaftaran.
2. Mengisi formulir yang tertera di website tersebut.
3. Melakukan pembayaran via transfer ke No. Rekening BRI 813601000154535 a/n Yoga    Darmawan.
4. Konfirmasi pendaftaran ke Yoga  (08560961569), bahwa telah melakukan pendaftaran
5. menunjukan/mengirimkan bukti foto slip pembayaran
6. Panitia mengkonfirmasi via sms bahwa peserta telah mendaftar.



0 komentar:

Posting Komentar